Tahun 2022, memiliki wajah baru yang lebih "mobile-friendly". Tentunya posting informasi dan artikel akan dilakukan di situs baru tersebut, sementara situs ini tetap bisa diakses untuk membaca postingan lama. Beda aksesnya, situs baru diakses tanpa www ...
‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ ‌ 

RumahAccess

e-Bulletin RumahAccess Indonesia - Tempatnya Belajar MS Access di Indonesia untuk you. Click here to start your FREE subscription


Salam jumpa kembali.
Kali ini e-Bulletin RumahAccess akan mengantar beberapa topik berikut ini kepada anda. Untuk membaca artikel dan tulisan, tentu anda bisa lebih cepat melalui website www.RumahAccess.com. Namun jika anda sibuk, e-Bulletin ini akan selalu mengunjungi anda setiap tanggal 15.

Redaksi


Sajian Kali Ini:

Selamat menikmati, semoga bermanfaat.

Kami selalu mengharapkan masukan, saran dan komentar anda untuk penyempurnaan e-Bulletin ini maupun RumahAccess secara keseluruhan. Jangan ragu untuk menghubungi kami melalui bulletin@rumahaccess.com atau admin@rumahaccess.com.

Terima kasih.


Tata Cara Berlangganan:
Bagi anda yang kebetulan mendapatkan e-Bulletin ini tidak secara langsung, anda bisa melakukan langganan sendiri secara gratis. Kunjungi website www.RumahAccess.com dan masukkan alamat email anda pada kolom sebelah kanan-bawah.





RumahAccess.com BARU!


 

Tahun 2022, RumahAccess.com memiliki wajah baru yang lebih "mobile-friendly". Tentunya posting informasi dan artikel akan dilakukan di situs baru tersebut, sementara situs ini tetap bisa diakses untuk membaca postingan lama.

Beda aksesnya, situs baru diakses tanpa www (https://RumahAccess.com) sedangkan situs lama diakses dengan www (https://www.RumahAccess.com).

Semoga lebih menyenangkan...


   
 



CARA MENGATASI PESAN KEAMANAN “ENABLE CONTENT” PADA ACCESS

Oleh: HAER TALIB


Jika anda membuka sebuah file database Access, mungkin anda akan mendapatkan pesan keamanan (Security Warning atau Security Notice). Pada Access versi baru, misalnya, muncul baris kuning di bagian atas (di bawah ribbon) dengan tombol “Enable Content” atau semacam itu.

Bagi pemakai yang kurang mengerti, pesan keamanan ini biasanya diabaikan, atau malah mengklik tombol “x” untuk menutup pesannya. Ada juga yang langsung klik “Enable Content”.

Pesan keamanan ini muncul karena Access ingin memperingatkan anda bahwa membuka file database yang tidak dikenal bisa berbahaya bagi komputer anda! Kenapa? Karena mungkin sekali file tersebut berisi program atau script yang berbahaya!

 

Enable Content (Aktifkan Isi)

Jika anda mempercayai pembuat file database tersebut (atau bahkan anda baru saja membuatnya sendiri), maka klik “Enable Content” akan menyelesaikan urusan. Access akan mendaftarkan file database tersebut sebagai “Trusted Document” (file yang dipercaya). Ketika anda membuka file tersebut kembali, access tidak akan menampilkan pesan keamanan lagi, kecuali anda mengubah namanya atau memindahkan lokasi penyimpanannya.

 

Menutup Pesan Keamanan

Jika anda mengklik “x” untuk menutup pesan keamanan, maka Access akan “memasung” program (module), macro, dan “action query” dalam file database tersebut (tidak akan bisa dijalankan). Cara ini mempunyai konsekwensi anda tidak bisa menjalankan program dalam database tersebut padahal diperlukan.

 

Mengabaikan Pesan Kemanan

Jika anda tidak menutup pesan keamanan, maka pesan keamanan tersebut akan terus nampang, dan program (module dan macro) serta “action query” tidak bisa dijalankan, namun anda masih mempunyai kesempatan untuk meng-enable-kan konten.

 

Menampilkan Kembali Pesan Kemanan

Bagaimana jika anda terlanjur menutup pesan keamanan, namun ingin meng-enable-kan konten? Cara mudahnya adalah dengan menambahkan lokasi (folder) database ke dalam “Trusted Locations” (di bahas di bawah). Cara lain adalah dengan me-rename file database tersebut atau memindahkannya ke lokasi lain, sehingga ketika dibuka, access akan menampilkan pesan keamanan kembali (tetapi kadang-kadang cara ini seperti “tidak bekerja”, sehingga anda mau tidak mau harus menambahkan lokasinya ke “Trusted Locations”)

 

Menambahkan “Trusted Locations”

Trusted Locations adalah lokasi (folder) di mana seluruh file database yang ada di dalamnya otomatis dipercaya (trusted) oleh Access.

Jika anda menaruh file database ke dalam Trusted Locations, maka ketika file database tersebut dibuka maka Access tidak akan menampilkan pesan keamanan.

Untuk menambahkan sebuah lokasi ke dalam Trusted Locations, lakukan langkah-langkah sebagai berikut:

1.       Jalankan Access

2.       Klik “Open Other Files” untuk menampilkan menu.

3.       Klik “Options”.

4.       Pada kotak “Access Options”, klik “Trust Center”.

5.       Klik tombol “Trust Center Settings” (di bagian kanan).

6.       Pada kotak “Trust Center”, klik “Tusted Locations”

7.       Klik tombol “Add new location…”

8.       Klik “Browse” untuk memilih lokasi yang ingin di-trust.

9.       Aktifkan opsi “Subfolders…” agar folder di dalamnya ikut di-trust juga.

10.   Klik “OK” dan tutup semua kotak dialog.

Selesai.

Access Security by Haer Talib

Access Security by Haer Talib

Temans, jika anda mendapatkan manfaat dari artikel ini, silahkan sampaikan dalam comment ya.
Demikian juga jika anda mempunyai pertanyaan atau informasi yang ingin ditambahkan.

Salam Access



   
 



KURSUS ACCESS Via WA Grup Edisi Maret 2022

Microsoft Access merupakan salah satu program pengolahan data yang mudah dan praktis digunakan. Karena dengan Ms. Access kita bisa membuat suatu aplikasi pengolahan data tanpa coding.

Jika anda beminat mempelajarinya, mari bergabung bersama kami, Kursus Access via WA Grup untuk Pemula. Kursus akan dilaksanakan pada bulan Maret 2022 selama 1 bulan penuh dan tanpa skedul Jam.

Materinya adalah pengenalan dan cara membuat Database, Tabel, Query, Form, Report, Macro, Modul (VBA) dan fitur-fitur yang sering digunakan.




Dan untuk yang telah mengenal atau pernah membuat program dengan Ms. Access, dan ingin memperdalam lebih lanjut cara pembuatan program Access lebih mudah dan praktis, maka di bulan Maret 2022 nanti, dibuka juga Kelas lanjutan.

Komitmen untuk mengikuti kursus ini :

  • Kelas Pemula Rp. 100.000
  • Kelas Lanjutan Rp. 200.000

Jika ingin bertanya atau mendaftar, silahkan klik  https://bit.ly/preAccessWA bergabung dengan WA Grup, atau hubungi admin  0813-2002-0935 (Coyev).

   
 



KURSUS Access via WA, Kelas Februari 2022

 




Kursus Access via WhatsApp untuk bulan Februari 2022 akan dibuka 2 kelas, yaitu Kelas Pemula dan Kelas Lanjutan (Silahkan pilih salah satu kelas yang diminati).

Kelas Pemula : untuk yang belum mengenal Ms. Access maupun yang sudah mengenal dan ingin memperdalam lagi. Materi yang diberikan, pengenalan dan cara membuat Database, Tabel, Query, Form, Report, Macro, Modul (VBA) dan fitur-fitur yang sering digunakan.

Kelas Lanjutan : untuk yang sudah mengenal atau bahkan sudah pernah membuat program dengan Ms. Access dan ingin memperdalam lebih lanjut cara pembuatan program Access yang lebih mudah dan efisien. Materinya, melanjutkan materi Kelas Pemula bulan Januari 2022.

Dalam kursus ini selain diberikan materi, sebagai bahan latihan peserta juga diberikan tugas untuk dikerjakan  dan dilaporkan di grup. Jika menemukan kesulitan atau ada yang tidak dimengerti, bisa ditanyakan via grup. 

Dilaksanakan selama satu bulan penuh, mulai 1 Feb 2022, setiap hari dan tanpa skedul jam.  Dengan komitmen : 
  • Kelas Pemula Rp. 100.000 / peserta 
  • Kelas Lanjutan Rp. 200.000 / peserta.

Registrasi via WA ke 0813-2002-0935 (Coyev)

Untuk info lebih lanjut akan kami share di group WA pre-class, silahkan klik  https://bit.ly/preAccessWA untuk bergabung.




   
 


KURSUS Access via WA, Kelas Jan 2022

 

Yuk, join KURSUS Access via WhatsApp, start 1 Jan 2022, tiap hari sebulan penuh, tanpa skedul jam. Komitmen hanya Rp100ribu.

Klik link ini utk join group WA: https://bit.ly/preAccessWA (klik di HP).

Kursus online ini simple dan convenient, cukup baca WA group kelas, simak materi yang diberikan, lakukan tugas dan lapor di group. Bisa kapan saja sempatnya (24 jam).

Materi kursus ini untuk PEMULA, jadi bisa diikuti oleh orang yang belum pernah menggunakan Access sebelumnya, atau yang sudah mencoba belajar sendiri tapi belum 'nyangkut' juga.

Yuk, rekan-rekan yang lain sudah menunggu anda bergabung, klik https://bit.ly/preAccessWA untuk join group WA pre-class sekarang. Info lebih lanjut di-share di group WA tersebut.

Kami tunggu!


   
 


More Recent Articles



You Might Like