Lindane pada kenyataannya sangat berbahaya bagi manusia yang penggunaannya dilaporkan oleh FDA AS telah menyebabkan kematian pada manusia bahkan ketika digunakan sesuai dengan peraturan ketat FDA AS dan akses ke produk terbatas.

Click here to read this mailing online.

Your email updates, powered by FeedBlitz

 
Here is a sample subscription for you. Click here to start your FREE subscription


"BlogDokter" - 5 new articles

  1. Obat Kutu Rambut Ini Membunuhmu
  2. Cabai Memiliki Khasiat Antikanker
  3. Haid Tidak Teratur, Apakah Saya Mandul?
  4. Pre-order ZenFone 3 Deluxe Dapat Promo Menarik
  5. Jenis Ikan Yang Harus Dihindari Saat Hamil

Obat Kutu Rambut Ini Membunuhmu

Tulisan dibawah merupakan petisi tentang bahaya penggunaan obat kutu rambut Lindane dan sejenisnya bagi anak anak. Silakan isi petisi lengkapnya disini.

Pada tahun 2014, awalnya anak saya dan kemudian seluruh anggota keluarga saya terinfestasi oleh kutu rambut. Seperti kebanyakan seorang ibu akan lakukan, saya pergi ke apotek dan bertanya untuk penanganan kutu rambut. Saya ditawari PediTox (0,5% hexachlorocyclohexane) dengan penjelasan ini menjadi satu-satunya pilihan di Indonesia.

Namun dengan demikian, produk ini juga tersedia di internet, di rak-rak warung dan mini market dan juga secara harfiah dijual tanpa pembatasan apapun untuk anak-anak.

Saat penggunaan pada keluarga saya dengan PediTox (Lindane), putri saya jatuh sakit dan mengeluh sakit kepala. Reaksi ini muncul langsung setelah menerapkan PediTox, saya secara naluriah mencuci rambutnya.

Hal ini yang membuat saya mulai mempelajari semua yang saya bisa temukan tentang penanganan kutu rambut dan hexachlorocyclohexane, atau Gameksan, seperti yang disebut Indonesia, yang lebih di kenal dengan Lindane di seluruh dunia.

Lindane pada kenyataannya sangat berbahaya bagi manusia yang penggunaannya dilaporkan oleh FDA AS telah menyebabkan kematian pada manusia bahkan ketika digunakan sesuai dengan peraturan ketat FDA AS dan akses ke produk terbatas.

Lindane dilaporkan oleh FDA AS menjadi perhatian terutama masalah kesehatan, jika digunakan pada anak-anak dan orang-orang dengan berat bada di bawah 50kg. Sejak tahun 1995, Lindane hanya tersedia sebagai obat resep sebagai terapi ‘lini kedua’ melawan kutu rambut setelah pilihan pengobatan yang lebih aman telah gagal.

Di AS, produk tersebut diberikan oleh apoteker secara terbatas untuk pengaplikasian sekali pakai dan bersamaan juga dilengkapi panduan penggunaan dengan detail peringatan efek samping untuk kesehatan.

Lindane Tidak Aman dan Tidak Efektif

Sebelum kejadian reaksi efek samping pada putri saya tersebut dengan PediTox Lindane, saya telah memberikan kepada anggota keluarga saya pengunaan produk ke dua kalinya. Pada setiap penanganan pada seluruh anggota keluarga saya yang melakukan penanganan persis sesuai dengan instruksi pada kemasan PediTox, saya menyisir kutu dari rambut mereka dan menyeka gigi sisir di antara sisir dengan tisu dapur putih.

Saya terkejut sekali semua kutu yang telah disisir keluar mulai merangkak pada tisu. Saya mengulangi perawatan dengan PediTox hanya karena tidak ada pilihan produk lain di Indonesia kecuali produk yang hanya tersedia di internet yang menjanjikan banyak hal dan tidak memberikan apa-apa.

Saya hanya mengetahui kemudian melalui pencarian saya sendiri bahwa Lindane selama bertahun-tahun sudah dilaporkan secara global tidak efektif terhadap kutu rambut karena membangun resistensi (kekebalan) pada serangga parasit, jika digunakan sebagai satu-satunya pengobatan berulang-ulang selama waktu yang lama.

Di antara perawatan dengan PediTox, keputusasaan tumbuh membuat saya juga mencoba produk dari produsen lain di Indonesia dengan keberadaan pasar yang menonjol, sebagian besar pemesanan secara langsung atau online.

Pada kasus penggunaan produk produsen seperti ini, kutu rambut yang disisir tidak keluar bahkan tidak menunjukkan reaksi sama sekali. Saya juga baru mengetahui kemudian bahwa berbagai macam produk dari produsen tersebut sampai hari ini masih mencantumkan tiga nomor registrasi palsu dari Instansi yang berbeda, dengan menunjukan nomor izin palsu tersebut,yang mana mungkin berindikasi integritas atas klaim pada produk.

Penggunaan Lindane Berisiko Kematian

Di Indonesia, setiap orang dari segala usia bisa membeli PediTox Lindane dalam jumlah hampir tak terbatas di mana saja sampai dengan tahun 2015 dan puluhan juta orang Indonesia telah melakukannya. Kemasan produk menunda memberikan peringatan atas risiko yang ada di leaflet dengan konten minimalis. Leaflet ini memperingatkan dengan singkat bagian efek samping atas reaksi iritasi kulit dan ‘SSP’.

Berapa banyak ibu-ibu yang akan terdorong untuk melihat secara seksama pada SSP dan kemudian dapat menguraikan maknanya?

‘Anak Anda berisiko bahaya yang serius atau resiko kematian, jika Gameksa dapat memasuki aliran darah anak Anda antara lain, jika anak Anda:

  • Memiliki luka terbuka di kulit kepala (dari infeksi sekunder); atau

  • Memiliki kulit yang tergores dari menggaruk (gejala umum dari infestasi kutu rambut);

  • Tertelan Gameksan sebagaimana akibat menyentuh rambut berulang-ulang pada saat penggunaannya dengan waktu yang panjang dan menjilati jari;

  • Dan lain sebagainya?’

Produk Lindane di Indonesia

Sejak Keputusan Menteri Pertanian Nomor 434.1/Kpts/TP.270/7/2001 tentang Syarat dan Tata cara Pendaftaran Pestisida, Lindane telah dilarang penggunaannya di segala sektor di Indonesia.

Apakah istilah Gameksan diciptakan untuk melewati larangan yang masih baru atas Lindane di Indonesia karena saat itu PediTox telah kembali didaftarkan oleh B POM sebagai ‘obat bebas’ dengan No Pendaftaran DTL7204128341A1 pada tahun 2002?

Apakah penjelasan bisa dijelaskan secara rinci tentang matinya kutu rambut oleh PediTox (bila dibandingkan terhadap peringatan risiko bagi manusia) dibuat untuk mendebatkan kualifikasi produk sebagai obat? Sebuah obat harus mengandung zat aktif, di-mana memiliki mekanisme kerja untuk mengubah keadaan patologis atau fisiologis organisme sasaran.

Tapi apakah peraturan yang berlaku di Indonesia tidak mendefinisikan secara jelas bahwa mekanisme target ini untuk manusia, bukan untuk kutu?

Sejak Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 1190/Menkes/Per/VIII/2010 Tentang Izin Edar Alat Kesehatan dan Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga, PediTox seharusnya ditarik dari peredaran karena produk obat dan nomor registrasi sebagai Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga Pestisida, setelah diterbitkan Izin pestisida.

Izin pestisida yang baru untuk zat yang baru secara global dilarang bisa jadi sangat menantang. Perubahan kategorisasi produk juga akan memerlukan perubahan izin manufaktur.

Mungkinkah ini ada hubungannya dengan keadaan dimana berlanjutnya PediTox sebagai produk kutu rambut satu-satunya di Indonesia, didaftarkan oleh B POM sebagai obat (dimana definisi obat adalah menyembuhkan manusia) bukan oleh BINFAR dan Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Pertanian Perizinan sebagai produk Perbekalan Rumah Tangga berbasis pestisida (pengendali kutu rambut)?

Selengkapnya bisa dibaca disini.

    

Cabai Memiliki Khasiat Antikanker

Semua sudah pada tahu jika akhir akhir ini harga cabai sedang meroket. Bahkan di beberapa tempat, harga sekilo cabai harus ditebus dengan harga 100ribu rupiah. Ada banyak faktor yang mempengaruhi naiknya harga cabai ini, mulai dari musim hujan yang mempercepat busuknya cabai sampai rantai distribusi cabai yang masih acak acakan.

Uupppss, kali ini saya gak akan membahas lebih dalam tentang tingginya harga cabai tersebut, tapi saya mau mengabarkan studi terbaru tentang cabai yang terbukti berkhasiat sebagai antikanker.

Menurut studi yang dilakukan oleh peneliti dari Universitas Ruhr, Bochum, Jerman, kandungan capsaisin pada cabai memiliki khasiat sebagai antikanker yang sangat bagus. Penelitian yang dipimpin oleh Doktor Hans Hatt dan Lea Weber ini mengungkapkan, capsaisin pada cabai menyebabkan sel kanker melakukan tindakan bunuh diri atau dalam istilah sel disebut dengan apoptosis. Kondisi ini menyebabkan pertumbuhan sel kanker terhambat terutama pada kanker payudara, kanker usus besar dan kanker pankreas.

Baca juga: Payudara Keluar Cairan? Waspada Kanker Jika…

Secara alami, capsaisin terdapat pada semua jenis cabai dan zat inilah yang memberi rasa pedas pada cabai. Capsaisin juga kerap ditambahkan pada produk salep untuk memberikan sensasi pedas pada saat dioleskan.

Pada studi sebelumnya yang dilakukan oleh peneliti dari Universitas California, AS, efek antikanker capsaisin terutama pada kanker usus besar adalah dengan cara merangsang reseptor nyeri sehingga memperlambat pertumbuhan sel kanker pada usus besar. Pada studi ini juga disebutkan, capsaisin tidak hanya memperlambat pertumbuhan sel kanker tetapi juga memperpanjang harapan hidup hewan coba sampai dengan 30%.

Meskipun hasil penelitian diatas cukup menjanjikan, tapi peneliti dari Jerman mengingatkan, penelitian ini masih sangat dini untuk bisa digunakan dalam pengobatan dan pencegahan kanker. Sebaiknya kita menunggu penelitian selanjutnya yang menguatkan hasil penelitian ini terutama efeknya pada manusia.

    

Haid Tidak Teratur, Apakah Saya Mandul?

Pertanyaan konsultasi yang paling sering saya terima adalah masalah siklus haid yang tidak teratur. Ada yang haidnya telat, ada pula yang haidnya keseringan. Kebanyakan dari mereka takut bila masalah siklus haid ini akan berimbas pada kesuburan. Maklum, sampai saat ini, wanita kerap disalahkan bila pasangan suami istri belum memiliki keturunan.

Lalu, apakah siklus haid ada hubungannya dengan kesuburan?

Jawabannya ada. Iya, siklus haid sangat erat hubungannya dengan kesuburan. Wanita yang tidak haid atau amenore, tidak mengalami siklus haid dan tentu saja wanita ini tidak subur. Siklus haid menandakan organ reproduksi wanita sedang berjalan sebagaimana mestinya. Perubahan hormonal yang diikuti dengan keluarnya sel telur dari indung telur (ovulasi) dan perombakan pada dinding rahim bagian dalam (endometrium) menandakan seorang wanita sedang dalam masa subur.

Bila pada masa subur ini ada sel sperma yang nyelonong masuk rahim dan bertemu dengan sel telur maka akan terjadi pembuahan yang dilanjutkan dengan kehamilan. Tapi bila sel sperma yang ditunggu tidak nongol maka persiapan (masa subur) ini akan berantakan selanjutnya dinding rahim bersama sel telur yang tidak terbuahi akan meluruh keluar ke dunia luar berupa haid.

Masa subur itu sendiri berada di kisaran 14 hari sebelum hari pertama haid berikutnya. Ingat ya, 14 hari sebelum hari pertama haid berikutnya, bukan 14 hari setelah bersih haid. Ngitungnya sih gampang bila haidnya teratur, tapi bila tidak teratur, jangan harap bisa menghitung dengan tepat.

Baca juga: Mari Mengenal Siklus Haid Seorang Wanita

Kembali ke persoalan awal, bagaimana dengan haid yang tidak teratur?

Siklus haid ideal seperti yang saya sebutkan diatas dipengaruhi oleh hormon kewanitaan (estrogen dan progesteron). Produksi hormon ini dipengaruhi oleh otak. Bila ada sesuatu dan lain hal yang menganggu produksi hormon ini maka siklus haid pun akan ikut terganggu. Hal hal yang menganggu itu misalnya saat sedang stress atau banyak pikiran, tentu karena otak diajak sibuk mikirin yang lain maka dia gak sempat mikirin produksi hormon, jadilah produksi hormon wanita terganggu yang berimbas pada siklus haid.

Hal lain misalnya penggunaan KB hormonal. Seperti namanya, KB hormonal tentu di dalamnya mengandung hormon yang bertujuan menganggu proses ovulasi. Kadang gangguan ini juga berimbas pada keseimbangan hormon kewanitaan yang mengatur siklus haid, ujung ujungnya siklus haid menjadi terganggu.

Baca juga:  Tips Menunda Haid Dengan Pil KB

Makanan juga ada pengaruhnya, makanan yang tidak sehat berpengaruh pada keseimbangan hormon tubuh termasuk hormon kewanitaan. Kekurangan zat besi pada makanan dapat menyebabkan anemia atau kurang darah. Kalau darahnya kurang tentu gak ada yang keluar saat haid.

Gangguan siklus haid juga bisa karena masalah pada organ kewanitaan yang merupakan produsen dari hormon kewanitaan. Kalau produksi hormonnya terganggu tentu siklus haid juga terganggu.

Nah, karena banyaknya sesuatu yang dapat menganggu siklus haid, itu sebabnya jarang banget wanita yang siklus haidnya teratur. Ada yang maju beberapa hari atau malah mundur berhari hari. Namun secara umum maju mundurnya siklus haid gak sampai lewat 1 setengah bulan.

Apakah siklus haid yang gak teratur itu pertanda mandul?

Baca lagi penjelasan saya diatas, selama masih memiliki siklus haid, walau itu maju atau mundur, seorang wanita belum bisa divonis gak subur. Kebanyakan penyebab gangguan siklus haid ini tidak berhubungan dengan kesuburan. Hanya jika seorang wanita siklus haidnya gak teratur maka agak sulit menentukan masa suburnya. Gimana cara ngitung 14 hari sebelum hari pertama haid berikutnya bila hari pertama haid berikutnya susah diramalkan.

Udah menjawab pertanyaan belum? Kalau belum silakan bertanya kembali pada kolom komentar.

    

Pre-order ZenFone 3 Deluxe Dapat Promo Menarik

ASUS menggelar pre-order untuk produk smartphone premiumnya yakni ZenFone 3 Deluxe ZS570KL. Perangkat yang sangat dinanti-nantikan ini sudah dapat dipesan melalui beberapa toko online ternama yang berada di Tanah Air antara lain, Blibli, MatahariMall, Lazada, DinoMarket dan Erafone per 20 Januari 2017.

“ZenFone 3 Deluxe merupakan varian smartphone flagship dengan spesifikasi terbaik yang ASUS miliki saat ini,” sebut Benjamin Yeh, Regional Director, ASUS South East Asia. “Tentu saja, kami sangat yakin pengguna akan mendapatkan kepuasan maksimal ketika memanfaatkan gadget yang satu ini setiap harinya,” Benjamin sebutnya.

ZenFone 3 Deluxe, Benjamin menambahkan, memiliki bentuk yang tipis dan elegan menggunakan all-metal unibody chassis. Ia merupakan smartphone pertama di dunia yang berbahan metal sepenuhnya serta menggunakan invisible antenna design untuk kualitas sinyal yang sangat mumpuni.

Khusus pemesan yang berasal dari kawasan Jabodetabek, mereka juga akan mendapatkan free ticket konser dari artis sekaligus penyanyi Indonesia ternama yakni Bunga Citra Lestari. Sebagai informasi, artis yang akrab disapa dengan nama BCL ini akan menggelar sebuah konser tunggal dengan mengambil tema It’s Me pada bulan Maret 2017 mendatang.

Untuk pengguna yang membeli dengan menggunakan kartu kredit di lima situs e-commerce di atas, mereka dibebaskan dari biaya bunga atau cicilan 0% (persen) yang dapat diangsur hingga 24 bulan. Bagi 50 pengguna pertama yang membeli di gerai Erafone Megastore, mereka berhak mendapatkan ZenPower 10.050mAh dan cashback sampai Rp400.000.

Berikut detail lengkap program Pre-order Zenfone Deluxe:

Pertama di Dunia dengan Aluminum-alloy dan Invisible Antenna Design

Pada smartphone umumnya, konektivitas jaringan cepat membuat antena harus dibuat visible karena gelombang radio sangat terganggu oleh bahan metal. Apalagi ASUS juga menggunakan bahan metal premium untuk membalut body smartphone sehingga tampak lebih premium.

Namun demikian, dengan teknologi yang disebut dengan PureMetal, ASUS berhasil mengatasi masalah antena tersebut dan mendesain ZenFone 3 Deluxe dengan seamless beauty serta invisible antenna. Teknologi PureMetal mengintegrasikan sedemikian rupa antara antena dengan smartphone hingga menghadirkan body yang mulus dan bersih namun tetap menawarkan kualitas sinyal yang kuat.

Desain luar biasa lainnya adalah permukaan yang di-amplas dengan sangat mulus, dipoles dengan sangat indah dengan finishing yang membuat ZenFone 3 Deluxe tampak sangat premium. Sisi bodi yang berdesain metal dengan diamond-cut menambah keindahan dan penampilan. Bezel yang sangat tipis, hanya 1,3 milimeter membuat pengguna tetap dapat menggenggam smartphone berlayar 5,7 inci ini dengan mudah.

Pertama dengan Snapdragon 821 untuk Performa dan Internet Cepat

ASUS ZenFone 3 Deluxe merupakan smartphone pertama yang telah menggunakan prosesor octa-core terbaik yakni Qualcomm Snapdragon 821. Dengan kecepatan 2,4GHz, prosesor kelas berbasis arsitektur Kryo ini merupakan prosesor smartphone 14 nanometer yang paling bertenaga. Dikombinasikan dengan GPU sekelas PC desktop yakni Adreno 530 yang berjalan pada kecepatan 624MHz, smartphone ini juga punya RAM ekstra lega, sebesar 6GB.

Smartphone ini baru saja meraih penghargaan Innovation Awards di ajang CES 2017 yang baru lalu. ZenFone 3 Deluxe berhasil meraih penghargaan di kategori smartphone meskipun puluhan produk dihadirkan ke pasar.

Dari sisi konektivitas, sebuah chip X12 4G LTE modem Category 12 yang juga mendukung three-carrier aggregation (3CA) yang menawarkan kecepatan hingga 600Mbps. “Saat ini, ZenFone 3 Deluxe merupakan satu-satunya smartphone yang mendukung 256QAM download. Secara standar, kategorinya sudah LTE Advance,” sebut Benjamin.

“Secara teoritis, teknologi 256QAM dapat meningkatkan user throughput sebesar 30 sampai 33%. Artinya, kecepatan browsing, streaming atau download/upload bisa jadi jauh kebih cepat,” sebut Benjamin. “Ini sangat menarik karena pada jaringan operator-operator GSM terbesar di Indonesia, khususnya di kota-kota besar, fitur 256QAM sudah diaktifkan,” sebutnya.

Pertama di Dunia dengan PixelMaster 3.0 dan Sensor Sony IMX318 23MP

ZenFone 3 Deluxe menaikkan standar fotografi mobile dengan ASUS PixelMaster 3.0 dengan menjadi smartphone pertama di dunia yang menggunakan sensor image Sony Exmor RS IMX318 dan resolusi 23MP. Ia punya lensa terang, wide aperture dengan f/2.0 yang dikombinasikan dengan Optical Image Stabilization (OIS) 4-axis yang mampu mengeliminasi guncangan yang diakibatkan pergerakan tangan dan memungkinkan penggunaan shutter speed hingga 4 opsi lebih lambat dibanding smartphone umumnya.

Kombinasi komponen premium yang luar biasa ini memungkinkan ZenFone 3 Deluxe menangkap gambar dengan resolusi tinggi, bebas buram dan tingkat noise yang lebih rendah dalam kondisi pencahayaan apapun. Kamera resolusi tinggi ZenFone 3 Deluxe memungkinkan pengguna melakukan zoom terhadap objek dengan jelas dan mengambil foto detail yang dapat dicetak dalam ukuran besar ataupun di-crop dengan detail loss yang sangat minimal dibandingkan dengan hasil foto smartphone lain dengan resolusi lebih rendah.

Tak hanya foto, kamera juga mampu merekam video dengan detail yang sangat mengagumkan, dengan resolusi 4K UHD (3840 x 2160). Fitur teknologi Electronic Image Stabilization (EIS) dengan 3-axis untuk memastikan hasil foto punya kualitas tinggi dan bebas guncangan.

ZenFone 3 Deluxe juga punya fitur baru dan eksklusif yakni ASUS TriTech Auto-Focus yang dapat memilih metode fokus terbaik saat itu. Pilihannya adalah laser auto focus, phase detection ataupun continuous contrast detection autofocus untuk mendapatkan pelacakan dan fokus nyaris instan, yakni 0,03 detik. Sistem laser auto-focus itu juga bisa membidik objek dengan jarak hingga 1,5 meter. Jarak ini sekitar tiga kali lebih jauh dibandingkan dengan sistem laser auto-focus konvensional.

Pertama di Dunia dengan 6GB RAM dan 256GB UFS 2.0 Storage

ZenFone 3 Deluxe disertai RAM sebesar 6GB, jauh lebih besar dibandingkan dengan RAM smartphone rata-rata saat ini. RAM sebesar itu membuatnya mampu membuka dan berpindah antar aplikasi dengan lebih pesat, menjalankan game Android terberat sekalipun dengan mulus, dan membuat sejumlah aplikasi bisa tetap berjalan di background tanpa hambatan.

RAM sebear itu dilengkapi oleh media penyimpanan internal yang sangat cepat berbasis UFS 2.0 sebesar 256GB. Sebagai gambaran, media penyimpanan berbasis UFS 2.0 menawarkan kecepatan tiga kali lebih cepat dibandingkan dengan jenis memori eMMC 5.1 yang umum digunakan pada smartphone masa kini.

Adapun kapasitas sebesar 256GB membuat smartphone ini menjadi smartphone dengan penyimpanan internal paling besar yang ada, bahkan bisa jadi lebih besar dibanding penyimpanan internal notebook.

Pengguna bisa menyimpan sangat banyak konten berkualitas tinggi misalnya 30 film FullHD atau sekitar 100 ribu foto dengan resolusi 23MP. Jika tidak cukup, pengguna juga masih bisa memperluas penyimpanan tersebut lewat slot Micro SD jika ia tidak menggunakan dua buah SIM card. Untuk kapasitasnya sendiri, slot tersebut mampu menampung kartu Micro SD berkapasitas hingga 2TB.

Spesfikasi lengkap dan harga Asus Zenfone 3 Deluxe ZS570KL:

    

Jenis Ikan Yang Harus Dihindari Saat Hamil

Sebagai negara maritim, Indonesia kaya dengan ikan. Berbagai jenis ikan ada di perairan Indonesia. Ikan laut dan ikan air tawar begitu mudah di dapatkan di negeri ini.

Ikan juga merupakan salah satu makanan yang kaya dengan nilai gizi. Kandungan asam lemak omega 3 pada ikan terbukti bermanfaat bagi tubuh terutama untuk kesehatan jantung dan otak.

Bagaimana dengan ibu hamil? Secara umum tidak dapa pantangan makan ikan untuk ibu yang sedang hamil. Bahkan ada yang menganjurkan ibu hamil untuk rajin makan ikan karena kandungan asam lemak omega 3 pada ikan penting untuk pertumbuhan dan perkembangan otak janin.

Sayangnya karena tingginya angka polusi pada air laut terutama kontaminasi zat merkuri, beberapa jenis ikan memiliki kandungan merkuri yang tinggi pada dagingnya. Ikan ikan yang tinggi kandungan merkurinya adalah ikan ikan besar yang hidup di laut dalam.

Baca juga: Tetap Sehat Selama Kehamilan

Merkuri sangat berbahaya bila masuk ke dalam tubuh. Selain menyebabkan penyakit Minamata, merkuri juga berisiko menyebabkan berbagai jenis kanker dan gangguan pertumbuhan pada janin di dalam kandungan. Itu sebabnya ibu hamil sebaiknya menghindari mengonsumsi ikan yang memiliki kadar merkuri yang tinggi.

Food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat baru baru ini mengeluarkan panduan terbaru tentang jenis ikan yang boleh dimakan dan yang harus dihindari oleh ibu hamil.

Berikut daftarnya:

Kalau dilihat daftarnya sih, masih lebih banyak ikan yang boleh dimakan ibu hamil bila dibandingkan dengan yang tidak boleh. Selamat makan ikan.

    

You Might Like

Click here to safely unsubscribe from "BlogDokter."
Click here to view mailing archives, here to change your preferences, or here to subscribePrivacy