Nama Mohammad Hatta tak pernah bisa dilepaskan dari perjalanan bangsa Indonesia. Pria yang akrab disapa Bung Hatta itu merupakan pejuang kemerdekaan Indonesia di masa penjajahan Belanda, Jepang dan di masa revolusi.Bersama Soekarno, Bung Hatta ...

Click here to read this mailing online.

Your email updates, powered by FeedBlitz

 
Here is a sample subscription for my.akise@gmail.com


"Experience Of Akise" - 5 new articles

  1. Mohammad Hatta, Cerita Tentang Kesederhanaan Dan Kejujuran
  2. Ini 11 Poin Aturan Taksi Online Dalam Revisi PM 32/2016
  3. Daftar Lengkap Gelar Terbaik Di Piala Presiden 2017
  4. Enchanted Doll
  5. Seniman Buku, Allison Glasgow
  6. More Recent Articles

Mohammad Hatta, Cerita Tentang Kesederhanaan Dan Kejujuran

Nama Mohammad Hatta tak pernah bisa dilepaskan dari perjalanan bangsa Indonesia. Pria yang akrab disapa Bung Hatta itu merupakan pejuang kemerdekaan Indonesia di masa penjajahan Belanda, Jepang dan di masa revolusi.

 

Bersama Soekarno, Bung Hatta menandatangani proklamasi kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945. Karenanya, Bung Karno dan Bung Hatta dikenal sebagai sang proklamator.

14 Maret lalu tepat 35 tahun Bung Hattaberpulang ke pangkuan ilahi. Tepat pada 14 Maret 1980, pria kelahiran 12 Agustus 1902 di Bukittinggi itu mengembuskan napas terakhirnya pada usia 77 tahun di RS Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta.

Bung Hatta dikebumikan di TPU Tanah Kusir selang satu hari kemudian. Bung Hattamerupakan sosok yang jarang ada di negeri tercinta saat ini.

Sosoknya yang rela berkorban demi kepentingan bangsa berbanding terbalik dengan para elite negeri saat ini yang banyak terjerat korupsi.Bung Hatta merupakan sosok sederhana yang tak memperkaya diri sendiri dari jabatan yang dimilikinya.

Padahal jika ia mau, tentu tidaklah sulit. Sebab, berbagai posisi penting pernah dijabatnya antara lain wakil presiden dan perdana menteri.

Begitu sederhananya sampai-sampai pria yang mendapat gelar Drs dari Nederland Handelshogeschool, Rotterdam, Belanda pada 1932 itu hingga akhir hayatnya tak mampu membeli sepatu Bally yang sangat diimpikannya.

Seperti diceritakan sekretaris pribadi Bung Hatta, Iding Wangsa Widjaja, suatu ketika Bung Hattapernah berjalan melewati pertokoan di luar negeri. Saat itu Bung Hatta melihat sepasang sepatu Bally yang terpampang di etalase toko.

Bung Hatta sangat terkesima dan ingin memiliki sepatu Bally itu. Sampai-sampai guntingan iklan sepatu Bally itu disimpannya di dalam dompet. Saat itu, suami dari Rahmi Rachim itu berharap suatu waktu bisa membelinya.

Namun hingga akhir hayatnya, sang proklamator tak bisa membelinya. Penyebabnya, uang tabungannya tidaklah cukup karena selalu diambil untuk membiayai keperluan rumah tangga, membantu saudara dan kerabatnya.

Bahkan di usia tuanya, hidup Hatta sangat memprihatinkan. Hidup sangat sederhana dengan biaya pensiunan wakil presiden, ternyata belum mencukupi kebutuhan hidupnya. Ironisnya, Bung Hatta tidak mampu membayar Pajak Bumi dan Bangunan, Air, bahkan tidak mampu membayar listrik.

Ali Sadikin terhenyak mendengar kabar itu. Mantan Wakil Presiden Mohammad Hatta tak mampu membayar iuran air PAM. Saking kecilnya uang pensiun, Hatta juga kesulitan membayar listrik dan uang pajak dan bangunan.

Gubernur legendaris Jakarta itu terharu melihat kondisi Hatta. Seorang pemimpin yang jujur hingga hidup susah di hari tua.

“Begitu sederhananya hidup pemimpin kita pada waktu itu,” kata Bang Ali terharu. Hal itu dikisahkan Bang Ali dalam biografinya Bang Ali, Demi Jakarta 1966-1977 yang ditulis Ramadhan KH.

Bang Ali tak cuma terharu, dia langsung bergerak. Sang Letnan Jenderal Marinir itu melobi DPRD DKI untuk menjadikan Bung Hatta sebagai warga kota utama. Dengan begitu Bung Hatta terbebas dari iuran air dan PBB.

DPRD setuju. Pemerintah Pusat juga memberikan sejumlah bantuan, di antaranya bebas bayar listrik.

Ironi, seorang proklamator, mantan wakil presiden, mantan perdana menteri dan seorang Bapak Bangsa Indonesia tak punya uang untuk membayar listrik dan air. Tapi itulah kejujuran seorang Mohammad Hatta. Padahal jika mau main proyek, Hatta tentu bisa kaya tujuh turunan macam pejabat bermental bandit.

Lain lagi menurut Jenderal Hoegeng. Jika ada sosok yang membuat Jenderal Hoegeng merasa kagum akan kejujuran seseorang, maka Mohammad Hatta orangnya.

Jika Jenderal Hoegeng yang terkenal paling jujur saja sampai kagum, maka bisa dibayangkan bagaimana hebatnya Hatta.

Hatta adalah sosok yang membuat Hoegeng selalu malu untuk melakukan tindakan hina seperti korupsi. Apalagi Hoegeng tahu bagaimana melaratnya Hatta setelah mundur sebagai Wakil Presiden tahun 1956.

“Ketika Bung Hatta mengundurkan diri dari jabatan wakil presiden, diberitakan dia hanya memiliki uang tabungan Rp 200. Uang pensiunnya pun tak cukup untuk membayar biaya listrik,” tulis Jenderal Hoegeng dalam memoarnya.

Berapa nilai uang Rp 200 pada saat itu jika dihitung dengan kondisi sekarang? Seorang prajurit TNI berpangkat prajurit satu bercerita pada merdeka.com, saat tahun 1956, gajinya Rp 125 per bulan. Tak cukup untuk hidup sebulan. Biasanya hanya cukup dua minggu, setelahnya sibuk hutang sana-sini.

Ironi, seorang wakil presiden hanya memiliki uang nyaris setara dengan prajurit TNI berpangkat paling rendah.

Saat pensiun, Hatta juga menolak semua jabatan komisaris BUMN atau posisi lain yang sebenarnya bisa membuatnya hidup enak. Tapi sudah jadi rahasia umum jika komisaris BUMN hanya makan gaji buta. Hatta tak sudi memeras bangsanya dengan menduduki jabatan seperti itu.

Seperti kata-katanya yang akan abadi sepanjang zaman.

“Indonesia merdeka bukan tujuan akhir kita. Indonesia merdeka hanya syarat untuk bisa mencapai kebahagiaan dan kemakmuran rakyat..”

Maka terpujilah pejabat sepertimu Bung Hata.

    

Ini 11 Poin Aturan Taksi Online Dalam Revisi PM 32/2016

Ini 11 poin tentang aturan taksi online dalam revisi Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 32 Tahun 2016 tentang Angkutan Orang dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak Dalam Trayek. Dari pengaturan kuota sampai tarif.

"Ada 11 poin penting dalam revisi PM 32 Tahun 2016," kata Direktur Jenderal Perhubungan Darat Pudji Hartanto dalam jumpa pers di Kemenhub, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa (14/3/2017).

Berikut penjelasan 11 poin revisi PM 32 Tahun 2016 :

1. Jenis angkutan sewa

Kendaraan Bermotor Umum yang memiliki Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) warna hitam hanya kendaraan angkutan sewa; Nomenklatur angkutan sewa khusus untuk mengakomodir pelayanan angkutan taksi online.

2. Kapasitas silinder mesin kendaraan

Angkutan Sewa Umum minimal 1.300 cc; Angkutan Sewa Khusus minimal 1.000 cc.

3. Batas tarif angkutan sewa khusus

Tarif angkutan tertera pada aplikasi berbasis teknologi informasi; Penentuan tarif berdasarkan tarif batas atas/bawah; Penetapan tarif diserahkan sepenuhnya kepada Gubernur sesuai domisili perusahaan dan Kepala BPTJ untuk wilayah JABODETABEK.

4. Kuota jumlah angkutan sewa khusus

Penetapan kebutuhan jumlah kendaraan dilakukan oleh Gubernur sesuai domisili perusahaan; dan Kepala BPTJ untuk wilayah JABODETABEK.

5. Kewajiban STNK berbadan hukum

Jika sebelumnya ketentuan STNK atas nama perusahaan, direvisi menjadi STNK atas nama badan hukum. Selanjutnya STNK yang masih atas nama perorangan masih tetap berlaku sampai dengan habis masa berlakunya.

Sebelum masa peralihan STNK menjadi atas nama badan hukum harus dilampirkan akta notaris yang memuat kesediaan STNK menjadi badan hukum dan hak kepemilikan kendaraan tetap menjadi hak pribadi perorangan.


6. Pengujian berkala (KIR)

Tanda uji berkala kendaraan bermotor (kir) pertama semula dilakukan dengan cara pengetokan, disesuaikan menjadi dengan pemberian plat yang di-emboss; Kendaraan bermotor yang paling lama 6 bulan sejak dikeluarkannya STNK tidak perlu diuji KIR, dapat dengan melampirkan Sertifikat Registrasi Uji Tipe (SRUT).

7. Pool

Persyaratan izin penyelenggaraan angkutan umum semula harus memiliki 'pool' disesuaikan menjadi memiliki/menguasai tempat penyimpanan kendaraan; Harus mampu menampung jumlah kendaraan yang dimiliki.

8. Bengkel

Dapat menyediakan fasilitas pemeliharaan kendaraan (bengkel); atau Kerjasama dengan pihak lain.

9. Pajak

Substansi untuk kepentingan perpajakan pada penyelenggaraan angkutan umum taksi online dikenakan terhadap perusahaan aplikasi sesuai usul dari Ditjen Pajak.

10. Akses Dashboard

Pokok bahasan Akses Dashboard merupakan ketentuan baru yang ditambahkan dalam revisi peraturan ini. Wajib memberikan akses digital dashboard kepada Dirjen Hubdat dan pemberi izin penyelenggaraan angkutan umum; Untuk kepentingan pengawasan operasional taksi online.

11. Sanksi

Pemberian sanksi dikenakan baik ke perusahaan angkutan umum maupun perusahaan aplikasi; Sanksi atas pelanggaraan perusahaan aplikasi diberikan oleh Menteri Kominfo dengan melakukan pemutusan akses (pemblokiran) sementara terhadap aplikasi sampai dengan dilakukan perbaikan.
(nwk/try)
    

Daftar Lengkap Gelar Terbaik Di Piala Presiden 2017


Febri Hariyadi (c) Fitri Apriani 
 
Merdeka.com - Turnamen pramusim Piala Presiden 2017 baru saja usai digelar. Pada laga final yang digelar di Stadion Pakansari, Minggu (12/3), Arema FC sukses menyabet gelar juara usai mengalahkan Pusamania Borneo FC dengan skor 5-1.

Selain memperebutkan gelar juara, beberapa gelar lain juga diperebutkan pada ajang ini. Salah satu di antaranya adalah gelar pemain muda terbaik. Gelar ini jatuh pada winger andalan Persib Bandung, Febri Hariyadi.

Selain itu, Persib juga masih menyabet gelar lain. Kali ini giliran suporter mereka, Bobotoh yang dinobatkan sebagai suporter terbaik. Bobotoh mengalahkan aksi fans PSS Sleman yang selama Piala Presiden ini menampilkan aksi yang cukup memukau.

Berikut adalah distribusi gelar selengkapnya:
  • Juara Pertama: Arema FC
  • Juara Kedua: Pusamania Borneo FC
  • Juara Ketiga: Persib Bandung
  • Pemain Terbaik: Adam Alis Setyano
  • Top Skor: Cristian Gonzales [11 gol]
  • Pemain Muda Terbaik: Febri Hariyadi
  • Wasit Terbaik: Mustafa Umarella

Para peraih gelar tersebut, selain mendapatkan trofi juga mendapatkan sejumlah uang sebagai apresiasi. Untuk kategori pemain terbaik misalnya, Adam Alis berhak mengantongi hadiah uang senilai Rp 150 juta atas kerja kerasnya di Piala Presiden 2017. (bola/asa)
    

Enchanted Doll

Sebuah benda yang bernama enchanted doll ini, memang serupa dengan Barbie. Namun, perbedaannya Enchanted Doll punya bentuk yang lebih lentur dan ornamen yang sangat detail. Yang membuat Enchanted Doll ini istimewa adalah kelengkapan asesorisnya yaitu mahkota keren yang berlapis emas 24 karat.

Boneka cantik yang terbuat dari porselen ini punya ukiran cantik yang memenuhi tubuhnya. Boneka ini merupakan produk inovasi dari manufaktur porselen untuk jual di pasar Perancis dan beberapa negara Eropa lainnya. Nggak cuma mahal, boneka-boneka yang dibuat adalah inspirasi dari beberapa cerita rakyat, dongeng dan wanita inspirasi dunia.

Source: tribuntravel.com
Foto: enchanteddoll.com

    

Seniman Buku, Allison Glasgow

Tampaknya buku jika di tangan seorang seniman akan berbeda perlakuannya. Seperti seniman yang merangkap sebagai penjual buku sekaligus pecinta buku, Allison Glasgow. Dia membuat sebuah patung berasal dari kertas-kertas buku. Bentuknya pun beragam, namun cenderung berbentuk menyerupai manusia.

Ide itu berawal dari keinginan Allison untuk membuat kado untuk bosnya. Sang bos merayakan peringatan 10 tahun toko bukunya. Pada saat itu, ia membuat sebuah pohon dari kertas. Kertas yang dipilih tak sembarangan. Ia memilihnya dari buku puisi kegemaran sang bos.

Ide itu lalu dikembangkan Allison menjadi sebuah usaha kerajinan. Melalui karya seninya, Allison ingin memberikan sajian terbaru, membaca kata-kata melalui objek patung.

Sumber : brilio.net
Foto : brilio.net

    

More Recent Articles


You Might Like

Click here to safely unsubscribe from "Experience Of Akise."
Click here to view mailing archives, here to change your preferences, or here to subscribePrivacy